Teknik Dasar Menyebarkan Berita Dengan Viral Marketing

Pernahkah Anda mengunjungi situs Web dan menemukan sebuah artikel, kupon, khusus, atau sesuatu yang lain yang sangat mengesankan Anda sehingga Anda segera mengirim email ke teman Anda tentang hal itu? Jika sudah, Anda sudah pernah digigit oleh bug pemasaran viral! Viral marketing, yang sering disebut sebagai pemasaran "Perkataan Tikus Pembual", adalah cara murah dan sangat efektif untuk memasarkan produk atau layanan Anda menggunakan Internet. Sama seperti virus flu pada manusia, viral marketing mereplikasi dan menyebarkan dirinya secara online. Viral marketing memungkinkan Anda memanfaatkan arahan dari pihak ketiga yang tidak memihak konsumen!

Kekuatan yang dimiliki kelompok sebaya dan kelompok referensi atas keputusan pembelian sangat fenomenal. Serupa dengan bagaimana testimonial positif dari sumber terpercaya dapat menambahkan kredibilitas pada produk atau layanan, pendapat teman, rekan bisnis, dan keluarga juga dapat membantu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Dengan menerapkan berbagai teknik pemasaran viral di situs Web Anda, Anda diberi kesempatan dinamit untuk memanfaatkan opini pengunjung situs Web Anda.
Ada banyak peluang pemasaran viral yang diberikan oleh media sosial yang akan dibahas. Dalam artikel ini, kita membahas teknik dasar dalam menyebarkan berita melalui viral marketing yang meliputi:

Bagaimana Anda bisa menggunakan viral marketing untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung situs web

  • Pemasaran viral dari mulut ke mulut
  • Lulus pada viral marketing
  • Skrip Tell-a-friend
  • Berbagai cara untuk memanfaatkan kampanye pemasaran viral Anda
  • Insentif untuk mendorong pemasaran viral.

Memanfaatkan Peluang Viral Marketing

Viral marketing bisa menjadi salah satu teknik pemasaran online Anda yang paling kuat, menggunakan kekuatan asosiasi untuk menyebarkan berita. Hari ini kita melihat beberapa bentuk umum yang digunakan:

  1. Dari mulut ke mulut-seperti "Beritahu teman," "Kirim kupon ini ke teman," atau "Rekomendasikan paket layanan ini ke teman"
  2. Lulus saat kita menerima e-zine, newsletter, e-specials, atau video lucu atau bermerek dan kemudian meneruskannya ke teman
  3. Produk atau layanan berbasis-saat alat atau aplikasi gratis digunakan secara online dan alat itu mencakup pesan pemasaran terpadu
  4. Tombol "ShareThis" di situs Anda.

Kata dari mulut ke mulut

Anda dapat menggunakan teknik pemasaran viral dengan berbagai cara di seluruh situs Web Anda. Dengan menempatkan "Beritahu teman tentang layanan hosting gratis NamIndonesia ini" atau "Bagikan informasi jasa toko online ini dengan teman" di situs Anda, Anda memungkinkan pengguna menyebarkan dengan cepat dan mudahnya tentang situs Anda dan produk dan layanan Anda. Pengunjung dapat mengklik tombolnya, memberikan informasi yang sesuai di bidang "Kepada" dan "Dari" (termasuk nama dan alamat email penerima dan pengirim), dan menyertakan pesan singkat. Meskipun pesan dipersonalisasi, Anda dapat menyertakan informasi tambahan, termasuk rincian tentang layanan, produk, harga, dan tautan langsung ke halaman tempat penerima dapat melakukan pembelian.

viral marketing tehnik

Karena pesan dipersonalisasi dari seorang teman, penerimanya akan melihat nama teman di kolom  "Dari". Karena berasal dari seseorang yang mereka kenal dan percayai, mereka lebih cenderung membuka email dan mengunjungi situs ini untuk mengetahui lebih banyak tentang produk daripada jika email berasal dari kampanye email korporat tradisional.

Selain teknik yang disebutkan di atas, ada banyak cara untuk menerapkan teknik pemasaran viral di situs Web Anda. Jika Anda memiliki nawala di situs Anda, Anda dapat menambahkan tombol "Beritahu teman tentang berita ini". Anda juga dapat memasukkan pesan ke dalam tubuh buletin email Anda yang mendorong pembaca untuk meneruskan salinan ke teman yang menurut mereka akan mendapatkan keuntungan dari informasi yang disertakan dalam buletin. Anda juga harus menyertakan informasi dalam pesan tentang cara berlangganan newsletter untuk penerima yang menerima nawala dari seorang teman. Penerima kemudian dapat mengirimkan salinan buletin ke teman mereka, yang pada gilirannya akan diberi kesempatan untuk berlangganan dan menerima newsletter secara teratur. Kesempatan untuk pemasaran viral tidak ada habisnya.

Strategi pemasaran viral word-of-mouth yang baik memungkinkan pengunjung ke situs Anda atau penerima email Anda untuk berbagi konten situs atau email Anda dengan orang lain hanya dengan satu klik tombol atau tautan. Desain dan penempatan tautan atau tombol itu sangat penting bagi keberhasilan kampanye. Kebanyakan orang tidak menggulir di paro bawah.

Anda harus melihat ke setiap generator lalu lintas berulang yang Anda miliki di situs Anda karena peluang pemasaran viral. Generator lalu lintas berulang seperti kupon, buletin, e-spesial, dan kontes semuanya memberi kesempatan ideal untuk tautan "Beritahu teman" atau "Kirim salinan ke teman" dan tombol. Setelah Anda menentukan teknik pemasaran viral yang akan Anda gunakan, Anda ingin mempermudah pengunjung situs atau penerima email untuk menyebarkan berita.

teknik viral marketing

Agar efektif, Anda harus membuatnya jelas apa yang Anda ingin pengunjung Anda lakukan. Gunakan ajakan bertindak agar mereka bisa melakukannya. Sebuah tombol dengan "Kirimkan kupon ini ke teman" atau "Beritahu teman tentang e-special ini" bekerja dengan baik. Jangan berasumsi bahwa orang akan meluangkan waktu untuk membuka program email mereka dan mengirim email ke teman tentang kupon atau kupon khusus Anda atau akan memasukkan URL ke halaman di situs Anda hanya karena Anda memiliki tawaran yang bagus, itu Tidak terjadi! Anda harus membuatnya mudah.

 

Berikut adalah beberapa tip untuk membuat kampanye viral Anda efektif:

  • Miliki tombol atau grafis yang fantastis yang menarik perhatian pengunjung.
  • Memberikan ajakan bertindak untuk memberi tahu pengunjung apa yang Anda ingin mereka lakukan.
  • Tempatkan tombol di tempat yang tepat jauh dari kekacauan.
  • Miliki tombol link ke script "Tell a friend" yang mudah digunakan. Skrip "Tell a friend" menerima nama dan alamat email dari teman dan nama dan alamat email pengunjung situs Anda yang mengirim pesan ke teman. Anda perlu memberikan bagian untuk sebuah pesan. Anda bisa memberikan opsi yang dapat diklik untuk ini, seperti "Pemikiran ini mungkin menarik" atau "Ketahuilah bahwa Anda pasti tertarik dengan hal ini."
  • Berikan instruksi yang jelas tentang bagaimana cara berpartisipasi; Buatlah sederhana, intuitif, dan mudah.
  • Tawarkan insentif untuk mendorong pengunjung melakukan apa yang Anda ingin mereka lakukan: "Beritahu seorang teman dan sertakan dalam gambar untuk (sesuatu yang menarik bagi target pasar)."
  • Leverage, leverage, leverage: "Katakan kepada lima teman dan sertakan dalam gambar untuk (sesuatu yang menarik bagi target pasar)."
  • Hindari penggunaan lampiran dalam pesan yang ingin Anda sampaikan. Ini akan menghindari masalah teknis potensial dengan membuka lampiran dan menghilangkan ketakutan yang terkait dengan virus.
  •  Minta kebijakan privasi Anda diposkan Jika pengguna akan menyampaikan alamat email temannya, dia ingin diyakinkan bahwa Anda tidak akan menyalahgunakan informasi kontak.


Viral marketing hanya akan berhasil jika kontennya cukup bagus atau cukup berharga untuk dilewatkan.

Pass-It-On Viral Marketing

viral teknik marketing dasar

Bila kita menemukan sumber daya yang bagus, video lucu, atau aplikasi keren, biasanya kita meneruskannya ke rekan atau teman kita yang kita tahu akan tertarik dengannya. Ini lama "mereka memberitahu dua teman dan mereka pada gilirannya memberitahu dua teman" formula bekerja sangat efektif secara online untuk memungkinkan Anda (dengan konten yang tepat) untuk mencapai segmen besar dari target pasar Anda.
Untuk jenis pemasaran viral ini menjadi sukses, Anda harus mulai dengan konten hebat yang akan diinginkan oleh penerima dengan orang lain. Ini bisa memakan banyak bentuk:

  • Apps
  • Ebooks
  • Video yang menyenangkan
  • Daftar periksa
  • Podcast
  • Artikel.

Metodologi pemasaran viral pass-it-on bekerja paling baik dengan menggunakan file kecil yang mudah disebarkan.

EBook dan iBrochures

Jika Anda memiliki konten yang bagus, sebuah ebook atau iBrochure dapat melakukan keajaiban untuk menciptakan keterpaparan  hebat bagi Anda, situs Anda, dan produk dan layanan Anda. Pastikan Anda memiliki referensi yang jelas tentang diri Anda dan tautan ke situs Web atau akun media sosial Anda yang memberi alasan bagi orang untuk mengeklik. Anda mungkin menyediakan sumber daya tambahan di situs Anda atau mendorong orang untuk mengunjungi salinan ebooks atau iBrochures lainnya yang telah Anda kembangkan. Lalu pasar, pasar, pasar. Dorong penyedia e-zine dan newsletter untuk mengirim salinan ke pelanggan mereka, dan promosikan melalui file sig Anda, di newsgroup, dan daftar surat yang dapat diakses publik.

Video yang Menyenangkan

Sepertinya tidak ada yang menyebar lebih cepat di Web daripada klip video lucu. Kita semua pernah melihat beruang mengambil salmon dari nelayan. Terkadang klip video ini adalah kartun, terlihat satu kali slide bersamaan dengan audio tersemat, dan terkadang juga produksi skala penuh. Pemasar cerdas mengembangkan video yang sangat inovatif yang menggabungkan merek, tujuan, atau produk mereka, dengan tujuan memiliki pemenang yang akan dilalui berkali-kali.

Daftar periksa

Jika Anda memiliki daftar periksa yang mungkin berguna bagi orang lain, mengapa tidak menyertakan tautan ke situs Anda di dalamnya dan kemudian memberikannya ke target pasar Anda untuk digunakan? Misalnya, Anda mungkin memiliki daftar periksa yang bagus untuk perencanaan pensiun, perencanaan rapat, perencanaan pernikahan, atau perencanaan pelayaran. Pikirkan tentang target pasar Anda dan apa yang mungkin berguna bagi mereka. Selalu ingat untuk mendorong mereka untuk menyebarkannya melalui pemasaran viral.

Podcast, MP3, atau Audiozines

Teknologi hari ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat dan mudah meneruskan podcast, byte suara, MP3, atau audiozines. Selama konten relevan, relevan, dan bernilai bagi target pasar Anda atau orang-orang di industri yang Anda layani, orang akan menyebarkannya.

Artikel

Menulis artikel yang dapat didistribusikan sebagai konten untuk buletin atau e-zine adalah bentuk lain dari pemasaran viral. Kirimkan artikel ini ke situs sindikasi sehingga bisa didistribusikan ke situs lain untuk dijadikan konten situs web. Pastikan bahwa Anda telah dengan jelas menyatakan bahwa orang lain bebas untuk menggunakan artikel Anda selama mereka memasukkannya ke dalam keseluruhan kata demi kata dan mencakup kotak Sumber. Artikel harus berisi tautan ke situs Anda. Kotak Sumber harus disertakan Informasi tentang Anda, perusahaan Anda, dan situs Anda.
Anda harus melacak tingkat viral marketing infeksi Anda. Anda ingin tahu apa yang bekerja dan seberapa cepat kerjanya. Anda selalu bisa menyertakan grafik di artikel atau ebook atau game digital yang diakses dari situs Anda. Kemudian Anda dapat menggunakan analisis lalu lintas Web Anda untuk menemukan informasi tentang efektivitas kampanye pemasaran viral pass-it-on Anda.