Panduan Bisnis Online Drop Shipping Untuk Pemula Dan Pengusaha

Pengiriman barang turun sangat menarik bagi pengusaha dan bisnis karena biaya awal yang rendah. Ini memberi kesempatan untuk mendapatkan penghasilan pasif dan menumbuhkan bisnis yang nyata tanpa harus menginvestasikan ratusan juta rupiah saat peluncuran. Artikel ini akan membahas panduan dasar bisnis online Drop Shipping untuk pemula dan pengusaha

Konsepnya sederhana:

  1. Cantumkan produk yang akan dijual di situs web Anda.
  2. Supplier Anda akan produk dropship langsung ke pelanggan Anda saat pesanan dilakukan.
  3. Anda tidak perlu khawatir tentang pengiriman atau kemasan produk.
  4. Tidak ada biaya dimuka karena produk tidak harus dibeli secara grosir.
  5. Kemasan adalah label rahasia dan putih, yang membuat merek Anda tetap utuh.

Drop shipping memberi Anda kebebasan untuk memiliki bisnis dan pekerjaan Anda sendiri dari manapun Anda inginkan. Ini membuat e-commerce jauh lebih sederhana dan kurang intensif daripada yang biasanya diperlukan untuk memulai toko online. Jika Anda ingin menghasilkan uang secara online, bisnis dropshipping memiliki potensi yang sangat nyata.

Istilah pemasok sering kali kita dengar, terutama dalam pembicaraan seputar proses pengadaan barang dan jasa. Selain disebut dengan pemasok, istilah lain yang biasa digunakan adalah vendor atau supplier. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan pemasok, vendor atau supplier dalam dunia usaha?

Definisi Pemasok

Pemasok yang biasanya disebut juga dengan supplier atau vendor adalah individu atau perusahaan (baik dalam skala besar atau kecil) yang memiliki kemampuan untuk menyediakan kebutuhan individu atau perusahaan lain.
Contoh:
Petani kapas, menghasilkan kapas yang dibutuhkan sebagai bahan baku kain.
Pabrik kain, menghasilkan kain yang dibutuhkan sebagai bahan baku pakaian.
Penjahit, menghasilkan pakaian yang dibutuhkan oleh konsumen.

Pada contoh diatas, untuk menghasilkan pakaian, bahan baku dasar yang dibutuhkan oleh penjahit adalah kain. Darimana kain diperoleh? Tentu saja dari pabrik kain. Sehingga pabrik kain dapat dikatakan sebagai pemasok bahan baku kain bagi penjahit.
Begitu pula pabrik kain, tidak dapat menghasilkan kain apabila tidak memiliki bahan baku berupa kapas, oleh karena itu petani kapas dapat dikatakan sebagai pemasok bagi pabrik kain.
Saling membutuhkan antara satu dan lainnya dapat terlihat pada contoh diatas. Sama halnya dengan rantai makanan, situasi ini dapat disebut dengan rantai pasok. Apabila terdapat satu mata rantai yang tidak berfungsi maka akan sangat mempengaruhi keberadaan industri tersebut secara keseluruhan.

Kategori Pemasok

Dalam dunia usaha, pemasok dapat dikategorikan dalam 2 jenis:
1. Pemasok Barang
Individu atau perusahaan yang menghasilkan produk jadi berupa barang.
Contoh: Pabrik kain, akan membutuhkan mesin yang dapat menghasilkan kain. Untuk itu, diperlukan perusahaan lain yang dapat menghasilkan mesin penghasil kain sebagai pemasok.
2. Pemasok Jasa
Individu atau perusahaan yang memberikan bantuan tidak dalam bentuk barang jadi, tetapi dalam bentuk keahlian yang dimiliki.
Contoh: Untuk mengirimkan kain kepada penjahit maka dibutuhkan jasa pengiriman barang. Individu atau perusahaan yang memiliki keahlian dalam mengirimkan barang tersebut merupakan pemasok jasa.

Apa manfaat drop shipping?

bisnis online

Less overhead

Anda tidak perlu membeli persediaan, mengelola gudang atau membayar ongkos kirim. Ada sedikit overhead pengiriman drop. Biaya yang biasanya dikenakan biaya ribuan bisnis tidak ada dengan pengiriman drop. Produk tidak harus dibeli sampai pesanan telah dilakukan dan dibayar oleh pelanggan. Uang itu sudah ada di rekening Anda sebelum ada yang harus dikeluarkan.

Mudah untuk memulai

Dropshipping menjaga semuanya digital. Anda tidak harus berurusan dengan produk fisik atau kerepotan yang biasanya terlibat dalam e-commerce. Anda tidak perlu mengelola tingkat persediaan, menangani pengiriman kemasan atau pengiriman, pelacakan inventaris, pengembalian, atau biaya gudang.

Pemilihan produk

Anda bisa menjual apapun yang bisa Anda temukan untuk dropshipper. Karena Anda tidak perlu melakukan pra-pembelian produk, tidak masalah seberapa mahal atau seberapa besar barangnya. Ada banyak potensi saat pemilihan produk Anda selebar ini.

Bekerja dari jarak jauh

Mengapa kamu harus bekerja dari rumah? Bekerja di pantai, kedai kopi atau di manapun Anda inginkan. Bisnis dropshipping benar-benar jauh dan selama Anda memiliki akses komputer, Anda dapat menjalankan bisnis Anda dari mana saja.

Skalabilitas

Dengan kebanyakan bisnis ada cutoff pada skalabilitas. Dengan dropshipping Anda bisa menskalakan bisnis Anda sejauh yang Anda mau. Anda dapat bekerja dengan banyak Supplier, Anda dapat memulai beberapa toko e-commerce atau Anda dapat menambahkan lebih banyak produk ke satu toko. Saat pesanan ditempatkan, Anda perlu menghubungi Supplier untuk melakukan pembayaran dan memberi tahu mereka tentang alamat pelanggan Anda. Selama Anda bisa menangani ini dalam volume besar, skalabilitasnya tidak terbatas. Jika terlalu banyak untuk mengelola, Anda selalu bisa menyewa asisten virtual atau bantuan lokal.

Apa kekurangan dropshipping?

pesanan

Menempatkan pesanan

Setiap Supplier berbeda tentang bagaimana mereka mengharapkan pesanan untuk ditempatkan. Terkadang Supplier belum meningkatkan proses pemenuhannya dan mereka mengharapkan Anda untuk memesan melalui email setiap kali toko Anda mendapatkan penjualan. Ini bisa sangat memakan waktu jika Anda mengirim email secara manual, meskipun otomasi biasanya bisa ikut berperan saat mengirim email.

Kebanyakan Supplier dropship memiliki panel pesanan khusus tempat Anda dapat melihat inventaris dan memesan barang. Hal ini dapat membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah.

Margin keuntungan rendah

Drop shipping adalah layanan yang sangat nyaman sehingga Supplier sama sekali tidak diminta untuk memberikannya. Beberapa Supplier mengenakan biaya besar untuk pesanan yang dropshipped dan ini dapat sangat mengurangi margin keuntungan Anda. Jika Anda berada di industri yang sudah kompetitif, akan sulit untuk maju saat pesaing Anda mengalahkan harga.

Pesaing yang membeli produk mereka dengan biaya grosir hampir selalu memiliki harga lebih rendah daripada yang dapat Anda tawarkan. Demikian pula, pengirim barang drop lainnya mungkin mencantumkan produk mereka hanya dengan beberapa sen keuntungan untuk mengembangkan bisnis mereka. Karena pengiriman drop memerlukan investasi kecil seperti itu, mudah bagi mereka untuk melakukan hal ini.

Inventory

Bila Anda menyimpan barang Anda sendiri, Anda tahu kapan produk kehabisan stok. Saat Anda dropship, Anda mengandalkan Supplier untuk memberi tahu Anda saat produk mulai turun. Anda harus secara aktif memeriksa daftar dan menghapus produk dari situs Anda sebelum mereka kehabisan stok. Jika pelanggan memesan item yang tidak lagi tersedia, dapat menjadi masalah nyata jika mengembalikannya dan menangani situasi ini secara reguler. Persediaan dapat berubah setiap hari dan sulit untuk menyelaraskan inventaris Anda dengan mudah dengan Supplier Anda.

Biaya pengiriman

Anda harus mengkorelasikan biaya pengiriman Anda berdasarkan biaya pengiriman Supplier Anda. Jika Anda bekerja dengan beberapa Supplier maka ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Ini juga jauh lebih sulit untuk mengotomatisasi proses biaya pengiriman saat Anda drop shipping.

Kesalahan oleh Supplier

Jika Supplier Anda membuat kesalahan, pelanggan Anda akan percaya bahwa kesalahan itu adalah kesalahan toko Anda sendiri. Menjelaskan bahwa Anda dropship dan bahwa itu benar-benar bukan kesalahan Anda saja bukanlah pilihan. Anda harus menerima tanggung jawab atas apa yang terjadi dan menerima bahwa Supplier dropshipping tidak sempurna dan mereka juga melakukan kesalahan. Jika Anda berurusan dengan Supplier yang terus membuat kesalahan maka Anda lebih baik meninggalkan mereka dan menemukan perusahaan baru untuk melakukan bisnis dengan mereka.

Dropshipping masih bisnis

Ingat bahwa bila kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, biasanya memang begitu. Anda tidak bisa meremehkan waktu dan uang yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis yang sukses. Tidak pernah mudah dan ini berlaku bahkan saat Anda menghilangkan keharusan mengemas dan mengirimkan produk.

Tetapkan harapan yang realistis dan jangan berharap untuk membuat enam angka tahun pertama Anda dalam hal ini. Seperti semua bisnis, dropshipping pastinya tidak sempurna atau bebas stres. Namun, sebagian besar kekurangan dropshipping dapat ditangani dan ditangani dengan perencanaan dan pelaksanaan yang tepat.

Siapa dropshipper Apakah itu produsen, grosir atau pengecer?

dropshipperDropshipping adalah layanan, bukan prosesnya sendiri dalam rantai pasokan.

Seorang dropshipper, atau "Supplier" bisa menjadi produsen, grosir atau pengecer. Yang mana dari ketiganya bersedia menawarkan layanan ini.

Jika pabrikan dropshipper, maka margin keuntungan Anda akan menjadi yang tertinggi saat Anda mendapatkan produk langsung dari sumbernya. Jika Supplier Anda adalah pedagang grosir atau pengecer, maka margin keuntungan Anda akan jauh lebih rendah.

Hanya karena bisnis yang mau dropship tidak berarti Anda mendapatkan harga rendah pada produk. Anda bisa membayar harga eceran atau lebih tinggi jika Supplier Anda adalah pengecer itu sendiri.

Produk apa yang harus Anda dropship?

Sekarang setelah Anda tahu bagaimana cara kerja dropshipping, Anda dapat mulai mengeksplorasi opsi produk. Tidak setiap produk ideal untuk berbelanja dan jika Anda memiliki gairah pribadi atau industri tertentu yang Anda minati, Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Beberapa ceruk bisa menjadi rumit. Produknya bisa memiliki biaya pengiriman yang mahal, industri ini bisa terlalu kompetitif, atau hanya ada cukup sedikit Supplier pengiriman untuk ceruk pasar. Riset pasar membantu Anda menentukan produk mana yang berpotensi menjadi sukses.

dropship indonesia

Shipping costs

Beberapa produk bisa menghabiskan sejumlah uang keterlaluan untuk dikirimkan. Ini umumnya barang yang terlalu besar atau berat untuk perusahaan pelayaran tradisional. Misalnya, furnitur jarang dibeli secara online karena ongkos kirim terkadang bisa lebih tinggi dari biaya sebenarnya produk. Sebaiknya fokuskan pada item yang lebih kecil yang mudah dikirim karena ini adalah pembelian online yang paling umum. Konsumen juga suka membeli produk dengan pengiriman gratis dan ini menjadi tidak mungkin dengan barang berukuran besar.

Mungkin ada ceruk sesekali di mana barang besar masih bisa memiliki biaya pengiriman yang terjangkau dan Anda harus mengevaluasi kasus per kasus ini

Kisaran harga

Produk mahal tidak laku di internet. Ada banyak risiko pada konsumen dan ini menyebabkan jumlah penjualan rendah dalam item tiket besar.
Sebagian besar pelanggan merasa nyaman membeli barang di bawah $ 200 secara online. Setelah Anda memecahkan hambatan $ 200, risikonya cenderung terlalu tinggi dan tingkat konversi Anda turun.
Ada kemungkinan barang itu bisa hilang oleh perusahaan pelayaran atau bisa dicuri begitu dikirim ke pintu Anda. Ini adalah masalah yang menyebabkan pembeli online bertahan pada item dalam kisaran $ 50 sampai $ 200.

Semakin tinggi biaya produk Anda, semakin baik dukungan pelanggan Anda. Bersiaplah untuk menawarkan dukungan telepon pribadi jika Anda menjual barang tiket besar secara online. Inilah yang dibutuhkan untuk meyakinkan pelanggan dan mendapatkan kepercayaan mereka.

Apakah ada PETA harga?

PETA singkatan dari harga minimum yang diiklankan dan beberapa perusahaan pelayaran drop mengharuskan daftar produk reseller mereka pada atau di atas harga ini.

Ini sebenarnya adalah hal yang baik dan ini dapat mencegah pengecer agar tidak mencantumkan item terlalu rendah untuk bersaing dengan Anda.

Ini membantu mencegah perang harga, ini membuat margin keuntungan Anda tetap utuh dan Anda tidak perlu khawatir tentang pesaing Anda yang menjual diri mereka sendiri dan mencuri pelanggan Anda.

Market potential

Jika produk yang Anda pertimbangkan untuk dijual berjalan dengan baik hari ini,

  1. Apakah mereka memiliki potensi yang sama di tahun-tahun mendatang?
  2. Adakah alasan untuk percaya industri ini bisa tumbuh?

Potensi pasar dari niche Anda penting. Beberapa pasar memiliki pertumbuhan yang konsisten, ada yang stagnan, beberapa penurunan dan lainnya mengalami perubahan yang cepat. Mengetahui potensi pasar Anda penting untuk merencanakan masa depan.

Untuk mengevaluasi potensi pasar Anda dapat:

  1. Periksa berapa banyak halaman yang diindeks ada di Google untuk kata kunci yang terkait dengan produk Anda.
  2. Gunakan Google Keyword Planner untuk memeriksa volume pencarian kata kunci bulanan yang terkait dengan produk Anda.
  3. Gunakan Google Trends untuk melihat volume penelusuran mereka selama periode waktu tertentu.
  4. Temukan istilah penelusuran terkait yang meningkat yang mengalami pertumbuhan pesat.
  5. Jelajahi sifat musiman untuk produk Anda. Apakah mereka membeli sepanjang tahun atau melakukan penjualan puncak selama musim-musim tertentu?
  6. Jelajahi konsentrasi geografis. Beberapa produk lebih populer di daerah tertentu di dunia. Jika Anda mencari konsentrasi global, Anda perlu menemukan produk yang laku di seluruh dunia.

Potensi pemasaran

domain murah namindonesia

Potensi memasarkan produk secara online sedikit berbeda dengan potensi pasar Anda. Pemasaran online dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk optimasi mesin pencari & pemasaran konten, pemasaran bayar per klik, pemasaran media sosial dan banyak lagi. Kami memiliki banyak panduan ekstensif yang mencakup pilihan pemasaran ini secara rinci.

Riset kata kunci akan membantu Anda mengevaluasi potensi pemasaran online produk Anda. Anda dapat menggunakan panduan penelitian kata kunci untuk menemukan kata kunci yang menguntungkan yang dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Tujuannya adalah untuk mencari kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan persaingan yang rendah.

Niche products

Produk spesifik niche umumnya yang paling menguntungkan karena berarti persaingan kurang. Jika niche Anda sangat luas, pertimbangkan untuk menyempurnakannya dan memfokuskan bisnis Anda ke departemen tertentu, daripada mencoba menjual setiap produk mungkin.

Pada akhirnya, ini akan menambah kesederhanaan bagi bisnis Anda dan membuat berdiri dari kerumunan lebih mudah.

Cross-selling

Ada peluang cross-selling di hampir setiap niche dan berhasil melempar produk terkait ke pelanggan Anda saat ini akan membantu Anda meningkatkan penjualan.

Sebagai contoh, ponsel memiliki peluang cross-selling seperti kasus dan pelindung layar.

Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan produk dengan berbagai aksesoris yang solid yang dapat direkomendasikan kepada pelanggan Anda saat checkout. Konsumen lebih bersedia membeli barang-barang kecil daripada barang-barang berukuran besar. Dengan merekomendasikan produk $ 5 - $ 30 selama checkout, Anda dapat meningkatkan keuntungan secara signifikan. Ini adalah produk yang konsumen nyaman beli tanpa melakukan penelitian perbandingan harga yang luas. Mereka dengan senang hati akan menambahkan aksesori ke keranjang belanja mereka tanpa memikirkannya dua kali.

Ketersediaan lokal

Bila produk sulit ditemukan secara lokal, biasanya produk itu dijual dengan baik secara online. Pikirkan barang kolektor atau produk khusus niche yang jarang Anda lihat di toko. Sebaiknya Anda mengevaluasi beberapa pembelian terbaru Anda dan mintalah teman atau anggota keluarga jenis produk apa yang akan mereka belok ke internet untuk ditemukan.

Sedikit berubah

Produk yang diperbarui secara teratur bisa sangat sulit untuk dikelola. Jika Anda terus-menerus harus menambahkan / menghapus produk, mengedit deskripsi produk, mengedit gambar produk atau membuat perubahan lain ke situs web Anda, Anda akan kehilangan waktu berharga yang bisa dihabiskan untuk mengembangkan bisnis Anda. Produk yang bertahan bertahun-tahun tanpa menjadi ketinggalan jaman sangat ideal untuk e-commerce.

Ketertarikan pribadi

Jika Anda memiliki minat pribadi terhadap produk atau niche Anda, itu akan membuat pemasaran situs web dan tetap berdedikasi lebih mudah bagi Anda. Pemasaran online bisa sangat berat dan membutuhkan banyak riset dan penulisan.

Jika Anda menulis tentang topik yang Anda minati, menjalankan bisnis akan jauh lebih menyenangkan.

Struktur bisnis anda

Bisnis yang menawarkan dropshipping ingin bekerja sama dengan bisnis mapan. Keberhasilan mereka tergantung pada kesuksesan Anda.
Ini tidak berarti situs Anda harus menghasilkan uang agar disetujui, tapi itu berarti Anda harus terlihat seperti bisnis nyata yang akan berkontribusi dan menjadi tambahan yang menjanjikan bagi perusahaan mereka. Jika tidak, Anda akan dipandang sebagai pemborosan waktu dan sumber daya.

Kepemilikan tunggal

Membentuk diri Anda sebagai pemilik tunggal berbicara dengan tingkat profesionalisme Anda dan ini menunjukkan bahwa Anda serius dengan situs Anda. Kepemilikan tunggal tidak melindungi aset pribadi Anda dalam kasus tuntutan hukum namun persyaratan pengajuannya agak minim. Penghasilan dapat dilaporkan pada pajak pribadi Anda dan aset bisnis Anda memiliki perlindungan kewajiban.

LLC Limited Liability Company

LLC membentuk bisnis Anda sebagai badan hukum yang terpisah. Jika Anda menemukan diri Anda dalam sebuah tuntutan hukum, aset pribadi Anda sebagai individu seperti mobil atau rumah Anda tidak akan terancam. Ada biaya dan persyaratan pengarsipan yang luas untuk memulai sebuah LLC dan Anda juga ingin berbicara dengan akuntan atau penasihat keuangan.

C Corporation

Untuk perlindungan tanggung jawab yang paling, bisnis dapat dibentuk sebagai C Corporation. Korporasi C dapat memiliki biaya dan perpajakan yang mahal jauh lebih rumit.

Sebagian besar usaha kecil adalah perseroan terbatas. Ini memberikan otonomi dari keuangan pribadi dan menawarkan perlindungan tanggung jawab yang diperlukan. Ini juga biaya yang relatif rendah dan mudah dipasang di kebanyakan negara bagian.

Request an EIN

EIN singkatan dari nomor identifikasi majikan. Ini sangat mirip dengan nomor jaminan sosial namun berlaku untuk bisnis Anda, bukan individu. EIN digunakan untuk mengajukan pajak, mengajukan permohonan untuk akun dropshipping, rekening bank bisnis terbuka dan banyak lagi. Syukurlah, melamar EIN tidak rumit dan bisa dilakukan secara online gratis.

Siapkan keuanganmu

Menjaga bisnis dan keuangan pribadi Anda terpisah tidak hanya penting untuk alasan perpajakan, ini membantu Anda tetap teratur. Tentu saja, jika Anda pernah diaudit oleh IRS, itu bisa menghemat ratusan jam frustrasi juga. Jadikan akuntansi Anda lebih mudah dengan mempersiapkan keuangan Anda sebelumnya. Siapkan akun bisnis bila sesuai:

  • Rekening bank bisnis - Menetapkan rekening tabungan dan tabungan terpisah untuk bisnis Anda. Anda dapat menggunakan ini untuk menyetorkan pendapatan Anda dan juga dapat digunakan untuk melakukan penarikan dan membayar sendiri.
  • Paypal - Jika Anda menggunakan Paypal untuk menerima pembayaran secara online, Anda pasti ingin memiliki akun Paypal bisnis terpisah.
  • Kartu kredit - Banyak bisnis menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembelian dan membatasi biaya di muka. Kartu kredit terkadang menawarkan penghargaan dan insentif yang bisa memberi Anda uang kembali juga.

uang online

Pajak Penjualan

Sebagai bisnis e-commerce Anda perlu mengumpulkan pajak penjualan jika negara Anda membutuhkannya.

Namun, Anda hanya perlu mengumpulkan pajak saat pelanggan berada di negara bagian yang sama dengan saat Anda melakukan pembelian. Pelanggan dari negara bagian di luar Anda sendiri tidak memerlukan pengumpulan pajak penjualan.

Anda mungkin juga ingin menghubungi perusahaan yang Anda kirimi pengiriman dan mengetahui apakah Anda perlu mengumpulkan pajak penjualan saat pelanggan Anda berada dari negara tempat Supplier Anda berada.

Tanda-tanda Supplier yang Baik

Supplier yang baik akan memiliki karakteristik tertentu tentang mereka yang membuat mereka lebih baik daripada kompetisi. Jika ada beberapa Supplier dropship di niche Anda, Anda bisa membandingkan pilihan Anda dan memilih yang terbaik.Di bawah ini, Anda akan menemukan kriteria untuk dipertimbangkan saat melakukan ini.

Dukungan khusus

Supplier yang baik akan tersedia melalui telepon dan email. Mereka harus memiliki perwakilan pendukung dan anggota staf berpengetahuan yang bersedia bekerja sama dengan Anda dan memberikan wawasan mereka.

Memiliki panel pesanan atau menggunakan email

Anda butuh cara yang efisien untuk memesan barang. Setelah situs web Anda mulai mendapatkan penjualan, Anda akan bertanggung jawab untuk menempatkan pesanan tersebut dan memastikan Supplier diberitahu. Supplier yang baik akan memiliki panel pesanan berkualitas atau mereka akan menerima pesanan melalui email. Ini mempercepat proses dan membuat pemrosesan menjadi lebih sederhana.

Teknologi terfokus

Meskipun banyak Supplier telah memiliki situs web usang dan desainnya yang buruk, Supplier yang memahami pentingnya teknologi dan terus berinvestasi dalam bisnis mereka akan jauh lebih menyenangkan untuk digunakan. Umpan data, katalog online, sistem pesanan, riwayat pesanan yang dapat ditelusuri dan perbaikan lainnya dapat dan harus dilakukan oleh Supplier.

Lokasi bagus

Jika Anda berada di Indonesia, Anda mungkin ingin mencari Supplier yang berada di propinsi bagian juga. Supplier yang berada di pusat kota akan mengirimkan paket lebih cepat, memiliki zona waktu yang sama dan tersedia selama jam kerja, dan mungkin menghemat uang Anda jika menyangkut ongkos kirim.

Mengevaluasi Supplier

Sebelum membahas bagaimana menemukan Supplier dropship, pertama-tama mari kita evaluasi bagaimana menemukan Supplier yang baik dari yang buruk. Bekerja dengan Supplier yang tepat bisa menghemat banyak waktu frustrasi dan kerja keras.

Bagaimana cara menemukan barang palsu dan Supplier yang akan membuang waktu:

Mereka menjual secara publik - Pedagang sah tidak akan menjual ke publik. Temukan Supplier yang memiliki proses aplikasi dan hanya menerima bisnis terdaftar. Jika mereka menjual ke publik dan mengiklankannya sebagai "grosir," maka mereka hanyalah peritel lain.

Mereka mengumpulkan biaya yang sedang berlangsung - Anda seharusnya tidak dikenai biaya saat ini untuk memesan dari pedagang grosir yang sah. Jika Supplier meminta biaya bulanan atau memiliki biaya berkelanjutan, mungkin mereka tidak berurusan dengan perusahaan.

Ketentuan yang umum di dropshipping:

Biaya pemesanan pra-pesanan atau biaya tetes - Biaya seharga $ 5 - $ 25 untuk drop shipping pesanan Anda biasa terjadi dan telah menjadi standar di industri ini. Pengiriman pesanan kecil bisa mahal dan lebih membosankan bagi pedagang grosir. Masuk akal bagi mereka untuk mengenakan biaya sedikit ekstra karena harus melakukan ini untuk Anda dan Anda harus berharap untuk menghadapi ini.

Ukuran pesanan awal minimum - Terkadang pedagang grosir lebih suka bekerja dengan bisnis yang bisa memberikan pesanan dalam jumlah besar. Untuk menghilangkan usaha kecil yang akan lebih merepotkan daripada keuntungan, mereka membutuhkan minimal order awal. Ini berarti Anda mungkin harus memesan produk seharga $ 500 sebelum Anda disetujui. Karena Anda jelas tidak akan menurunkan pengiriman pesanan ini ke pelanggan, Anda biasanya dapat membayar terlebih dahulu Supplier dan meminta mereka menerapkan kredit tersebut ke perintah di masa depan.

Menemukan Supplier dropship

Mengetahui bagaimana menemukan Supplier dropship berkualitas penting bagi kesuksesan Anda. Pedagang sah akan menawarkan harga yang jauh lebih baik daripada pengecer dan bekerja dengan perusahaan yang tepat dapat membuat atau menghancurkan bisnis Anda.

Sekarang setelah Anda terbiasa dengan apa yang dipasok Supplier sesungguhnya, mari mulai mencari.

Contact manufacturers

Dengan menghubungi produsen produk yang sebenarnya, Anda bisa meminta distributor grosir mereka atau mencari tahu apakah mereka dropship sendiri. Sangat jarang pabrikan menawarkan pengiriman barang turun, tapi satu grosir mereka cenderung menyediakannya. Beri mereka telepon dan tanyakan apakah mereka memiliki proses aplikasi.

Pedagang biasanya bekerja dengan berbagai produsen jadi ini adalah cara yang bagus untuk menemukan produk terkait yang patut ditelusuri juga.

Search Google

Google tidak akan pernah mengecewakan Anda. Anda dapat menemukan Supplier berkualitas tinggi hanya dengan mencari.

Dig Deep - Pedagang tidak begitu pandai dalam SEO. Mereka jarang peduli pemasaran sendiri karena mereka menjual ke bisnis dan bukan konsumen. Bersiaplah untuk mencari melalui puluhan atau bahkan ratusan halaman saat melakukan pencarian seperti: "[product name] wholesaler."

Ubah pencarian Anda - Jangan berharap segera menemukan grosir. Ubah pencarian Anda dengan kata kunci seperti "gudang" "distributor" "pengecer" atau "Supplier." Grosir adalah istilah yang terlalu sering digunakan yang mungkin bukan cara terbaik untuk menemukan dropshippers.

Jangan menilai dengan cepat - Pedagang biasanya memiliki situs web yang jelek. Bisa jadi usang, berantakan atau dirancang dengan horrendously. Jangan menghakimi Ini bukan tentang situs mereka, tapi tentang kemampuan mereka untuk berhasil memasok produk.

Pameran perdagangan

Menghadiri pameran dagang dapat membantu Anda terhubung dan membangun hubungan dengan produsen dan pedagang grosir. Paling tidak, Anda bisa mendapatkan kontak dan melakukan riset pasar. Tentu saja, menghadiri pameran dagang hanya mungkin terjadi setelah Anda mengetahui niche dan produk yang ingin Anda jual.

Beli dari pesaing

Jika Anda mengetahui pesaing yang Anda percaya diri dropshipping, Anda dapat memesan produk dengan biaya rendah dan memeriksa alamat pengirim pada paket setelah produk tersebut tiba. Biasanya pencarian cepat di Google menggunakan alamat akan mengungkap nama Supplier. Anda dapat menggunakan ini untuk menghubungi dan menyiapkan akun dropshipping Anda sendiri.

Gunakan sebuah direktori

Direktori Supplier dan daftar umum di industri ini. Mereka pada dasarnya adalah database dropshippers yang dikategorikan oleh niche, produk atau pasar.

Membayar akses ke direktori tidak diperlukan. Ada cara untuk menemukan dropshippers tanpa mengeluarkan uang. Namun, beberapa direktori bermanfaat dan bisa sangat bermanfaat bagi Anda, terutama saat waktu adalah esensi. Mereka dapat membantu Anda menemukan Supplier dengan cepat tanpa harus melakukan penelitian sendiri. Beberapa direktori Supplier terbesar dan paling populer disorot di bawah ini.

  1. Worldwide Brands – Biaya $299 untuk keanggotaan seumur hidup yang memberi Anda akses ke ribuan pedagang grosir dan dropshippers yang sah. Mereka telah ada sejak tahun 1999 dan merupakan sumber terpercaya untuk menemukan Supplier berkualitas.
  2. Doba – Dengan lebih dari 165 Supplier dan 1,5 juta produk, Doba memberi Anda akses langsung ke dropshippers. Anda dapat memesan dengan beberapa Supplier dan semuanya dikelola melalui antarmuka unik mereka. Biaya curam di $60 per bulan tapi kenyamanan tambahan bisa berharga.
  3. SaleHoo – Ada lebih dari 8.000 Supplier di database SaleHoo, dengan banyak dari mereka menawarkan pengiriman barang drop. SaleHoo melayani pedagang Ebay dan Amazon dan mereka mengenakan biaya hanya $ 67 per tahun, yang membuatnya jauh lebih terjangkau daripada Doba. Kami tidak pernah secara pribadi menggunakan SaleHoo, tapi kami telah mendengar hal baik tentang mereka.
  4. Wholesale Central – Supplier membayar Wholesale Central untuk ruang iklan, jadi ini adalah salah satu dari sedikit direktori yang bebas untuk dimanfaatkan. Mereka hanya mencantumkan Supplier yang sah dan jujur dan mereka memiliki sekitar 1.400 bisnis yang terdaftar sampai saat ini. Ini gratis, jadi tidak ada salahnya memanfaatkannya tapi sadar ada banyak pengecer di sini yang tidak menawarkan harga grosir nyata.

Coba ini:

  1. http://www.aliexpress.com – Gratis
  2. http://www.dropshipstream.com – Gratis
  3. http://www.solusource.com/index.htm – Gratis
  4. http://www.alibaba.com – Gratis
  5. http://www.thomasnet.com – Gratis
  6. http://www.dropshipdirect.com – Gratis
  7. http://www.sunrisewholesalemerchandise.com – Gratis
  8. http://www.vistawholesale.com – Gratis
  9.  http://www.usdropshippers.com — Gratis
  10. http://www.net2mallsdropship.com – Gratis
  11.  http://www.productsourcing.com – Gratis and berbayar
  12.  http://www.greensupply.com/dropship.asp – Gratis
  13.  http://www.megagoods.com – Gratis trial
  14. http://www.dropshippages.com/ – Berbayar
  15.  http://www.usawholesalers.com – Berbayar
  16. http://www.megagoods.com – Gratis trial
  17. http://www.productsourcing.com – Gratis and berbayar
  18. http://www.net2mallsdropship.com – Gratis
  19. http://www.usdropshippers.com – Gratis
  20. http://www.vistawholesale.com – Gratis
  21. http://www.sunrisewholesalemerchandise.com – Gratis
  22. http://www.dropshipdirect.com – Gratis

Menjual di toko e-commerce Anda sendiri

Ini sangat penting untuk memiliki toko Anda sendiri sebagai drop shipper.

Mayoritas dropshippers sukses mendapatkan sebagian besar keuntungan mereka melalui toko mereka sendiri dan bukan dari situs web seperti Tokopedia, shopee atau BukaLapak. Anda tidak bersaing dengan penjual lain di toko Anda sendiri dan Anda dapat menetapkan harga untuk keuntungan maksimal. Memiliki toko sendiri juga memungkinkan Anda untuk terlibat dalam metode pemasaran online seperti pengoptimalan mesin telusur dan pemasaran bayar per klik.

Anda dapat menggunakan platform keranjang belanja seperti FilloShop, WordPress menggunakan plugin WooCommerce, Magento, Shopify, X-Cart atau plugin keranjang belanja lainnya.

Kami sangat merekomendasikan Software toko online FilloShop Untuk jasa pembuatan toko online NO 1 di Indonesia.

FilloShop bersifat closed source dan sangat powerful. FilloShop adalah aplikasi atau CMS  keranjang belanja yang dikembangkan untuk  pengusaha yang ingin membuat toko online dengan nama domain sendiri dengan sangat mudah. Entah toko Anda akan memiliki 10 produk atau 10.000 produk, FilloShop bisa mengatasinya.

Bangun merek dan bisnis Anda

Membangun merek Anda dan membangun model bisnis jangka panjang sangat penting bagi kesuksesan Anda. Memiliki situs web Anda sendiri menyediakan potensi tanpa batas. Anda membangun bisnis nyata dengan pelanggan berulang dan jika dibutuhkan, Anda bisa menjualnya.

Tanpa biaya

Bila Anda memiliki situs web sendiri, Anda dapat memasukkan biaya daftar di belakang Anda. Anda tidak perlu membayar untuk daftar produk lagi. Ini menghemat sejumlah besar uang dan saat drop shipping, margin keuntungan Anda bisa rendah, jadi setiap sen dihitung.

Lebih banyak kontrol

Situs Anda sepenuhnya milik Anda dan Anda bisa melakukannya dengan itu sesuai keinginan Anda. Anda bisa menambahkan nilai ke situs Anda melalui posting blog, panduan, tutorial atau apapun yang Anda inginkan. Jenis konten ini bisa menarik pengunjung dan membantu membangun merek Anda. Anda juga memiliki kontrol penuh atas tata letak, warna dan bagaimana situs diatur.

Online marketing

Memiliki situs web Anda sendiri berarti Anda dapat mulai mempromosikan diri Anda secara online. Anda tidak lagi mengandalkan audiens Ebay atau Amazon, Anda bisa membangun audiens sendiri. Ini berarti lalu lintas bebas lebih sedikit untuk produk Anda namun ini membuka peluang yang seharusnya tidak pernah tersedia.

Berinvestasi waktu vs menginvestasikan uang

Ketika sampai pada apakah Anda harus menginvestasikan waktu atau uang, jawaban terbaik adalah keduanya, namun dengan penekanan pada melakukan segalanya sendiri sampai masuk akal untuk melakukan outsourcing. Begitu bisnis Anda menguntungkan dan menghasilkan cukup uang untuk membenarkan bantuan perekrutan, Anda dapat melakukan outsourcing tugas sehari-hari dan memfokuskan usaha Anda pada penskalaan dan sampai ke tingkat berikutnya.

Anda tidak hanya akan belajar bisnis dan operasinya, Anda akan mengembangkan keterampilan baru yang akan membuat Anda menjadi pemilik bisnis yang lebih baik. Ketika tiba saatnya untuk melakukan outsourcing, Anda dapat membuat video dan

Tutorial bagi karyawan Anda untuk membantu mereka. Semakin baik Anda mengetahui pekerjaan dan persyaratannya, semakin baik latihan Anda.

Berapa banyak waktu yang dibutuhkan?

Setiap bisnis berbeda dan kesuksesan Anda bergantung pada etos kerja Anda.

Sebagai perkiraan, Anda bisa menghasilkan sekitar $1.000 - $2.000 per bulan yang menghabiskan 10-15 jam per minggu untuk bisnis pengiriman barang drop. Ini kira-kira 6-12 bulan setelah meluncurkan bisnis.

Jika Anda menerapkan waktu penuh untuk usaha ini, Anda bisa menghasilkan sekitar $4.000 - $5.000 per bulan setelah 12 bulan.

Ini adalah perkiraan umum dan ini mungkin tampak seperti banyak pekerjaan yang tidak terlalu bagus, tetapi Anda harus mempertimbangkan potensi bisnis itu juga. Jika Anda bisa membangun bisnis $50.000 / tahun dalam 12 bulan, Anda bisa membangun bisnis $100.000 / tahun dalam waktu 24 bulan. Ini tentu tidak mudah untuk dicapai tapi mungkin dan ada banyak pengusaha sukses yang telah melakukannya.

Dengan memulai bisnis pengiriman barang drop, Anda juga menciptakan aset berwujud yang suatu saat bisa dijual. Jika Anda mendapatkan satu atau dua tahun dan Anda tidak puas dengan berbagai hal, Anda bisa menggunakan situs web seperti Flippa.com untuk menjual bisnis dan melanjutkan. Keuntungan yang dihasilkan bisnis saat beroperasi hanyalah sebagian dari potensi sebenarnya.

Bagaimana menjadi dropshipper yang sukses

Sebelum kita meninggalkan Anda, mari kita pastikan Anda memiliki semua bahan yang Anda butuhkan untuk menjadi sukses.

Dropshipping bisa jadi rumit dan Anda mungkin masih memiliki beberapa pertanyaan. Kami akan melakukan yang terbaik untuk memberikan beberapa saran terakhir yang dapat menghemat stres dan frustrasi selama berbulan-bulan.

Pahami bahwa Supplier melakukan kesalahan

Supplier membuat kesalahan juga, itu tak terelakkan. Ketika mereka melakukannya, jangan pernah menyalahkan mereka atas kesalahan atau menimbulkan terlalu banyak masalah tentang hal itu dan ingat bahwa pelanggan Anda tidak dapat mengetahui drop shipper ada. Memiliki kesalahan dan bertindak seolah-olah itu adalah kesalahan Anda sendiri. Lakukan semua yang Anda bisa untuk membuatnya sampai ke pelanggan. Ini bisa termasuk mengembalikan dana untuk produk tersebut, mengembalikan biaya kirim atau bahkan mengirimkan barang baru kepada mereka.

Hanya karena kesalahan Supplier Anda tidak berarti Anda harus menderita karenanya. Pastikan mereka mengenali kesalahan mereka sendiri dan memberikan pengembalian uang kepada Anda jika berlaku. Penyedia reputasi akan lebih dari senang untuk memperbaiki masalah ini dan memastikan Anda dalam kondisi baik.

Gunakan beberapa Supplier dropship

Menggunakan beberapa Supplier dropship akan memungkinkan Anda membawa lebih banyak produk dan melindungi diri Anda dengan pemenuhan pesanan. Jika Anda memiliki beberapa Supplier yang membawa produk yang sama, Anda akan memiliki banyak pilihan untuk memenuhi pesanan.

Jika satu Supplier kehabisan stok, Anda bisa menyiapkan Supplier cadangan. Jika Anda hanya menggunakan satu Supplier, Anda menempatkan diri Anda pada risiko besar jika mereka gulung tikar, menaikkan harganya, atau memutuskan untuk menghentikan pengiriman barang.

Ketersediaan barang dan kehabisan stok pesanan

Terkadang Supplier akan mencantumkan produk di situs mereka atau umpan data yang kehabisan stok atau tidak lagi dilakukan. Jika pelanggan Anda memesan barang yang tidak tersedia, selalu tetap tenang. Ini akan terjadi dari waktu ke waktu.

Hubungi pelanggan dan biarkan mereka mengetahui situasinya. Tawarkan untuk meningkatkan pesanan mereka ke produk serupa, lebih baik yang lebih baik. Jika Anda bekerja dengan beberapa Supplier maka carilah produk alternatif semestinya mudah. Kemungkinan besar pelanggan akan senang dengan hasilnya dan Anda akan mempertahankan hubungan pelanggan yang kuat.

Jika Anda tidak menghasilkan uang sesuai pesanan, itu adalah pukulan yang harus Anda ambil. Yang terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hal ini terus-menerus memeriksa Supplier Anda untuk produk yang kehabisan stok dan memperbarui situs web Anda sendiri sebelum pesanan dilakukan.

Gunakan Supplier terbaik Anda terlebih dahulu

Jika Anda memiliki beberapa Supplier yang membawa produk yang sama, Anda harus selalu menggunakan Supplier terbaik untuk memenuhi pesanan. Menggunakan Supplier berdasarkan harga atau lokasi dapat disarankan jika ada perbedaan harga yang signifikan antara Supplier Anda atau satu Supplier memiliki kecepatan pengiriman yang lebih cepat daripada yang lain.

Tambahkan nilai ke situs web Anda

Produk Anda bukan nilai dari situs Anda. Anda membutuhkan lebih dari itu. Anda dapat menambahkan posting blog, tutorial, panduan, infografis, video atau jenis konten bermanfaat lainnya. Tujuannya adalah untuk memposisikan diri Anda sebagai otoritas di industri Anda dan memberi audiens alasan untuk datang ke situs web Anda selain hanya untuk membeli barang. Menyediakan produk berkualitas dengan harga yang wajar adalah awal yang baik namun fokus pada menambahkan konten berharga ke situs web Anda.

Kumpulkan kebijakan pengembalian Anda berdasarkan kebijakan Supplier Anda

Anda harus menetapkan kebijakan pengembalian Anda berdasarkan kebijakan pengembalian Supplier Anda. Misalnya, jika satu Supplier memiliki kebijakan pengembalian 45 hari dan yang lain memiliki kebijakan pengembalian 30 hari, maka yang terpanjang yang harus Anda selesaikan adalah 30 hari.

Saat pelanggan menghubungi Anda tentang pengembalian, Anda perlu menghubungi Supplier dan meminta nomor RMA (mengembalikan barang barang dagangan). Anda kemudian dapat menginstruksikan pelanggan Anda untuk mengirimkan barang kembali ke Supplier Anda dan pastikan mereka menulis nomor RMA pada kemasannya. Supplier Anda harus mengembalikan dana Anda setelah menerima barang dagangan dan Anda kemudian dapat mengembalikan pelanggan Anda.

Siap untuk tagihan balik

Tagihan balik terjadi bila pelanggan menghubungi bank atau perusahaan kartu kredit dan melakukan kontes / mengajukan sengketa pada akun mereka. Chargebacks terjadi dengan penjualan online dan kami telah melihatnya untuk hampir semua hal. Pelanggan Anda mungkin tidak puas dengan produk tersebut, lupa membelinya dan sekarang memperdebatkannya, tidak mengenali nama bisnis Anda di rekening giro dan memperdebatkannya, atau mungkin juga penipuan. Jika tagihan balik terjadi, Anda harus memberikan bukti bahwa barang telah dibeli dan dikirim. Informasi pelacakan akan sangat berguna dalam kasus chargeback. Supplier Anda harus bisa menyediakan semua ini dan selama transaksi itu sah, Anda harus mengembalikan uangnya.

Bersiaplah untuk barang cacat sesekali

Jika barang rusak dan pelanggan Anda telah meminta untuk mengembalikannya, Anda harus membayar biaya pengembalian meskipun itu berarti mengurangi barang. Ini adalah tindakan yang bertanggung jawab untuk dilakukan dan membantu menjaga integritas bisnis. Kemungkinan besar, Supplier Anda tidak akan mengkompensasi Anda atas biaya pengembalian tapi masih ada kemungkinan mereka melakukannya.

Tindakan terbaik untuk item yang cacat adalah menawarkan penggantinya. Hal ini tentu saja masuk akal jika barangnya tergolong rendah harganya. Pelanggan akan benar-benar terkesan dan terkadang bisa lebih murah daripada harus mendanai biaya pengembalian.

Pilih opsi pengiriman yang benar

Dropshippers umumnya memberikan banyak pilihan saat checkout untuk pengiriman. Pilihan ini mungkin termasuk USPS, UPS atau Fedex.

Pastikan untuk meninjau opsi saat melakukan pemesanan dan memilih mana yang termurah dan memiliki waktu pengiriman yang dapat diterima. Terkadang lebih murah untuk dikirimi UPS atau Fedex, namun waktu pengirimannya bisa jauh lebih lama daripada USPS.

Biaya pengiriman

Dengan pengiriman produk yang berbeda dari beberapa Supplier, mengetahui bagaimana mengenakan biaya untuk pengiriman di situs Anda sendiri bisa menjadi rumit. Anda dapat mengenakan tarif rata-rata per item, tarif flat per jenis item atau menggunakan tarif real-time berdasarkan berat dan ukuran produk.

Cobalah untuk tidak menutup telepon dengan ongkos kirim. Terlalu banyak dropshippers diliputi oleh kompleksitas pengiriman saat toko mereka bahkan belum menerima penjualan. Kerjakan sesuatu pada awalnya yang masuk akal dan tidak akan menyebabkan terlalu banyak sakit kepala dan tahu bahwa Anda dapat mengubah struktur pengiriman di telepon setelah toko menghasilkan uang.

Jangan pernah mengabaikan pemasaran website anda

Pemasaran situs web Anda sangat penting dan inilah saat paling banyak waktu dan uang akan habis. Kami memiliki banyak panduan bermanfaat yang mencakup SEO, PPC, pemasaran konten, pemasaran media sosial, penjangkauan, pemasaran email dan banyak lagi. Ada banyak cara bagus untuk memasarkan situs web e-niaga.

Niche produk spesifik adalah bagus

Menjadi spesifik dengan jenis produk yang Anda bawa adalah hal yang baik. Membuat ceruk untuk bisnis Anda dan mengkhususkan pada jenis produk tertentu akan membantu Anda menonjol dari keramaian dan membuat koneksi dengan pelanggan Anda. Ini juga berarti persaingan yang kurang dan waktu pemasaran yang lebih mudah. Jika Anda baru memulai, Anda mungkin tidak akan tahu produk mana yang paling tinggi permintaannya dan paling menguntungkan. Tidak apa-apa dan seiring perkembangan bisnis Anda, Anda akan mulai menyadari di mana fokus dan perhatian Anda dibutuhkan.

Layanan pelanggan yang luar biasa adalah suatu keharusan

Pelanggan Anda tidak akan mengharapkan layanan pelanggan yang luar biasa dan dengan menawarkannya, Anda akan membangun bisnis yang bisa Anda banggakan. Pelanggan selalu benar. Bahkan pelanggan yang paling menderita, paling kasar dan paling tidak sopan itu penting. Tinjauan negatif dapat membahayakan bisnis Anda dan Anda tidak dapat membiarkan hal itu terjadi. Jika Anda tidak memperlakukan pelanggan dengan benar, itu tidak akan lama lagi menjadi rahasia.

Menjaga pelanggan Anda bahagia adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda. Anda lebih cenderung menerima pesanan berulang dan mengembangkan bisnis Anda dari mulut ke mulut.

Isu bisnis dropshipping yang paling umum dihadapi adalah tidak mengambil tindakan saat ada kesalahan atau masalah pemenuhan. Jika Supplier Anda atau Anda membuat kesalahan, maka Anda harus memperbaikinya dan menerima tanggung jawab untuk itu, bahkan jika itu berarti tidak menghasilkan uang dari pesanan atau bahkan kehilangan uang. Layanan kedudukan tertinggi datang dengan beberapa kerugian tapi mereka layak dalam jangka panjang.

Fokus pada tujuan jangka panjang

Jangan terpaku pada detail-detail kecil. Fokus pada tujuan jangka panjang dan jangan biarkan diri Anda berkecil hati. Selalu ada saat-saat ragu saat memulai bisnis baru. Logo perusahaan Anda, tema atau detail kecil lainnya tidak akan membuat atau menghancurkan bisnis Anda. Jika Anda tetap berkomitmen dan berpegang pada tujuan jangka panjang Anda, bisnis Anda akan berkembang. Berjuang untuk membuat keputusan dan mengambil tindakan hanya akan menimbulkan kekecewaan.

Banyak pengusaha terjun ke drop shipping dengan perspektif mereka bisa membangun bisnis enam angka dalam waktu kurang dari setahun. Jangan biarkan diri Anda berpikir seperti ini. Bahkan jika itu adalah tujuan Anda dan Anda benar-benar yakin itu bisa terjadi, Anda harus menetapkan tujuan yang realistis.

Enam angka dalam satu tahun dengan bisnis baru tidak realistis. Beberapa bulan pertama umumnya yang paling sulit. Ini adalah saat ketika Anda cenderung memiliki penjualan nol dan Anda bekerja untuk off untuk pengembalian minimal. Selama Anda mempersiapkan diri secara mental dan memahami bahwa menumbuhkan bisnis adalah sebuah tantangan, Anda akan memiliki bahan yang Anda butuhkan untuk menjadi sukses.