Langkah Awal Membuat Website menjadi sukses

Ada jutaan situs Web, menjual jutaan produk di Internet setiap hari, dan semuanya bersaing untuk pemirsa; Banyak dari mereka bersaing untuk pemirsa yang sama dengan Anda! Bagaimana Anda mendapatkan hasil yang Anda cari? Ketika ditanya apakah mereka memasarkan di Internet, banyak orang dan organisasi mengatakan, "Ya, kami memiliki situs Web." Namun, memiliki situs Web dan pemasaran di Internet adalah dua hal yang sangat berbeda.

Ya, biasanya Anda memerlukan situs Web untuk dipasarkan di Internet. Namun, situs Web hanyalah kumpulan dokumen, gambar, dan file elektronik lainnya yang dapat diakses publik di Internet. Situs Anda perlu dirancang untuk memenuhi tujuan online Anda dan harus dikembangkan sesuai target pasar Anda. Pemasaran Internet mencakup semua langkah yang Anda ambil untuk mencapai target pasar Anda secara online, menarik pengunjung ke situs Web Anda, mendorong mereka untuk membeli produk atau layanan Anda, dan membuat mereka ingin kembali lagi.

Memiliki situs Web sangat bagus, tapi tidak ada artinya jika tidak ada yang tahu tentangnya. Sama seperti memiliki brosur produk yang dirancang dengan cemerlang, apakah Anda sedikit berguna jika berada di laci meja manajer penjualan Anda, situs Web tidak seberapa bagus jika target pasar Anda tidak mengunjunginya. Ini adalah tujuan artikel ini untuk membantu Anda membawa situs Web Anda keluar dari laci meja, menjadi sorotan, dan sampai ke sasaran pasar sasaran Anda. Anda akan belajar bagaimana merumuskan strategi pemasaran Internet sesuai dengan tujuan, produk atau layanan Anda, dan target pasar Anda. Artikel ini memberi Anda gambaran umum tentang posting ini dan memperkenalkan pentingnya:

  1. Mendefinisikan tujuan online Anda
  2. Mendefinisikan target pasar Anda dan mengembangkan situs Web Anda dan strategi pemasaran online sesuai dengan mereka
  3. Mengembangkan strategi pemasaran Internet yang sesuai untuk produk atau layanan Anda.

Tujuan Mendasar, Pasar Sasaran, Produk dan Jasa

Hal-hal telah berubah secara dramatis selama beberapa tahun terakhir dalam hal metodologi desain dan pengembangan situs web. Kembali di masa lalu - beberapa tahun yang lalu di tahun-tahun internet - cukup dapat diterima, dan norma, bagi sebuah organisasi untuk mengemas semua brosur, iklan, potongan surat langsung, siaran pers, dan materi pemasaran lainnya di Sebuah kotak, turunkan di kantor pengembang Web, dan setelah percakapan singkat, tanyakan kapan mereka mengharapkan situs Web itu "selesai."

tujuan membuat website

Pengembang Web kemudian akan mengambil materi pemasaran dan mendigitalisasi beberapa, memindai beberapa, dan melakukan Beberapa pemrograman HTML untuk mengembangkan situs. Dengan melalui proses ini, organisasi diakhiri dengan situs Web yang terlihat seperti brosur mereka-oleh karena itu istilah "brochureware." Brochureware tidak lagi dapat diterima di Web jika Anda ingin sukses. Situs yang sukses saat ini adalah situs yang terus diperbarui, memberikan alasan bagi kunjungan pengunjung secara reguler. Situs ini hanya satu elemen dalam kehadiran online perusahaan bersama dengan blog, halaman Facebook, saluran YouTube, dan akun mereka di aplikasi media sosial lainnya. Situs Web Anda dan semua aplikasi kehadiran online harus dirancang sekitar:

  1. Tujuan organisasi
  2. Kebutuhan, keinginan, dan harapan target pasar Anda
  3. Produk dan layanan yang ditawarkan.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran Internet berkisar pada tiga hal ini - sasaran, target pasar, dan produk atau layanan. Sangat penting untuk menentukan hal-hal ini dengan tepat dan mendiskusikannya dengan pengembang Web Anda. Itu adalah tanggung jawab Anda, bukan pengembang Web Anda, untuk menentukan hal-hal ini. Anda tahu (atau seharusnya tahu) apa tujuan Anda lebih jelas daripada Pengembang Web Anda melakukannya. Jika Anda tidak mengartikulasikan tujuan ini dan mendiskusikannya dengan pengembang Web Anda, tidak mungkin baginya membangun situs untuk mencapai tujuan Anda!

Anda tahu target pasar Anda lebih baik daripada pengembang Web Anda. Anda tahu apa yang diinginkan pengunjung Anda, apa yang mendasarkan keputusan pembelian mereka, dan apa harapan mereka. Anda perlu memberikan informasi ini sehingga pengembang Web Anda dapat membuat situs Web yang memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan target pasar Anda.

Mari kita menghabiskan sisa artikel ini berdasarkan tujuan, target pasar, dan produk dan layanan dasar sehingga Anda dapat dipersiapkan dengan lebih baik untuk proses perencanaan situs Web Anda.

Tujuan Umum

tujuan website sukses

Sebelum Anda mulai membuat situs Web Anda, Anda harus secara jelas mendefinisikan tujuan online Anda. Apa tujuan dari situs Anda? Lakukan brainstorming dengan orang-orang dari semua bagian organisasi Anda, dari pegawai lapangan depan, hingga tenaga pemasaran dan penjualan, hingga dukungan pelanggan, untuk memenuhi pemenuhan dan administrasi. Buat daftar lengkap tujuan primer dan sekunder. Jika Anda ingin membangun situs Web ini, Anda juga bisa membangunnya untuk mencapai semua tujuan online Anda. Jika Anda tidak melakukan brainstorming dengan pemangku kepentingan Anda, mendokumentasikan tujuannya, dan mendiskusikan tujuan ini dengan pengembang Web Anda, tidak mungkin pengembang Web membangun situs Web yang membahas semua tujuan Anda.

Setiap elemen situs Anda harus berhubungan kembali dengan tujuan Anda. Saat Anda memutuskan untuk memperbarui, menambahkan, atau mengubah elemen apa pun di situs Web Anda, periksa bagaimana perubahan ini terkait dengan tujuan utama dan sekunder yang telah Anda identifikasi. Jika tidak ada kecocokan yang jelas antara tujuan dan perubahan yang Anda maksudkan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali perubahan tersebut. Sungguh menakjubkan betapa banyak situs Web telah dikembangkan tanpa perencanaan yang memadai atau tanpa memastikan bahwa situs Web terkait dengan tujuan perusahaan.
Beberapa tujuan utama yang paling umum meliputi:

  1.  Periklanan produk atau layanan Anda
  2.  Menjual produk atau jasa Anda
  3. Memberikan layanan dan dukungan pelanggan
  4.  Menyediakan informasi produk atau perusahaan
  5. Menciptakan dan membangun identitas merek dan kesadaran merek atau identitas dan kesadaran perusahaan.

Tujuan lain untuk dipertimbangkan di depan

Meskipun menetapkan tujuan utama Anda sangat penting, sama pentingnya mengidentifikasi tujuan sekunder Anda. Dengan menetapkan tujuan sekunder yang tepat, Anda akan lebih siap untuk mencapai semua tujuan online Anda. Banyak perusahaan hanya mengidentifikasi tujuan utama untuk situs Web mereka dan benar-benar mengabaikan tujuan sekunder yang dapat membantu mereka sukses secara online. Berikut adalah beberapa tujuan sekunder yang umum untuk dipertimbangkan:

  •  Situs Anda harus dirancang agar ramah mesin telusur.
  • Situs Anda harus mempromosikan blog dan akun media sosial lainnya, dan sebaliknya.
  • Situs Anda harus dirancang untuk mendorong lalu lintas berulang. 
  • Situs Anda harus memiliki elemen pemasaran viral yang mendorong pengunjung untuk merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada orang lain.
  • Situs Anda harus memasukkan pemasaran izin, di mana pengunjung didorong untuk memberi Anda izin untuk mengirimkan email, buletin, dan e-spesial secara reguler kepada mereka.
  •  Situs Anda harus dirancang untuk mendorong loyalitas pelanggan.
  •  Situs Anda harus memasukkan elemen lengket dan interaktif, mendorong pengunjung untuk tinggal beberapa saat dan mengunjungi banyak area di situs ini.

Kata Akhir tentang Tujuan

Menetapkan tujuan situs Web Anda sebelum mulai membangun situs Anda sangat penting sehingga Anda dapat menyampaikannya kepada pengembang Web Anda apa yang Anda inginkan untuk dicapai oleh situs Web Anda. Anda jelas akan memiliki sejumlah tujuan berbeda untuk situs Anda, namun banyak dari tujuan ini dapat bekerja sama untuk membuat situs Web Anda lengkap.

Apapun tujuan Anda, Anda harus mempertimbangkan dengan saksama bagaimana cara terbaik untuk memasukkan elemen di situs Web Anda dan strategi pemasaran Internet Anda untuk membantu Anda mencapainya.

Pemasaran yang sukses di Web bukanlah usaha yang sederhana. Sebelum Anda mulai melakukan brainstorming mengenai tujuan situs Web Anda, pastikan Anda telah membaca dan mempelajari semua informasi yang berkaitan dengan pasar yang ingin Anda masuki. Baca semua yang bisa Anda temukan, dan periksa temuan para pakar industri.

Tujuan situs Web Anda membentuk elemen penting dalam desain dan pengembangan situs Web Anda, seperti yang akan Anda lihat di bagian selanjutnya.

Target Pasar

Penting untuk menentukan setiap target pasar Anda. Jika Anda ingin membangun situs ini, mungkin Anda juga membangunnya untuk semua target pasar Anda. Untuk masing-masing dan setiap target pasar Anda, Anda perlu menentukan:

  1. Kebutuhan mereka
  2. Keinginan mereka
  3. Harapan mereka.

Untuk masing-masing dan setiap target pasar Anda, Anda juga harus mencoba menentukan faktor "WOW" yang sesuai. Apa yang bisa Anda berikan untuk mereka di situs Web Anda yang akan WOW untuk mereka? Tujuan Anda harus melebihi ekspektasi pasar sasaran. Target pasar utama Anda mungkin adalah calon pelanggan Anda, namun target pasar lainnya mungkin mencakup pelanggan lama, atau media, atau pihak yang mempengaruhi keputusan pembelian untuk calon pelanggan Anda.

Bila Anda melihat benar-benar melihat calon pelanggan versus pelanggan lama, Anda menyadari bahwa apa yang kedua kelompok inginkan dan butuhkan dari Anda. Situs web mungkin berbeda. Seseorang yang merupakan pelanggan lama mengenal perusahaan Anda. Belajar tentang produk, layanan, praktik bisnis, dan sejenisnya, bukanlah prioritas bagi orang ini. Seorang calon pelanggan perlu mengetahui hal-hal ini sebelum memberi Anda bisnisnya. "Pelanggan" adalah target pasar yang sangat besar; Perlu dipecah menjadi beberapa segmen. Jika Anda adalah hotel, misalnya, target pasar pelanggan Anda mungkin akan dipecah menjadi:

  • Pelancong bisnis
  • Wisatawan liburan
  • Pelancong keluarga
  • Perencana pertemuan
  • Pelancong cacat
  • Operator tur
  • Pegolf
  • Penggemar petualangan di luar ruangan
  • Wisatawan.

Anda mendapatkan ide. Anda perlu mengelompokkan target pelanggan Anda dan kemudian, untuk setiap segmen, Anda perlu melakukan analisis kebutuhan, keinginan, dan harapan.

Produk dan layanan

Penting untuk menentukan produk dan layanan yang ingin Anda promosikan secara online. Terkadang produk dan layanan yang Anda tawarkan secara offline di toko fisik Anda sama dengan di toko online Anda, namun cukup sering ada perbedaan. Pemilik bisnis yang memiliki lokasi bata-dan-mortir terkadang berasumsi bahwa etalase online mereka merupakan perpanjangan dari etalase offline mereka dan mereka akan menyediakan produk dan layanan yang sama persis secara online seperti offline. Dalam beberapa kasus, lebih sedikit produk ditawarkan secara online daripada di toko fisik. Hal ini sering terjadi jika Anda menguji pemasaran, tapi juga jika beberapa produk Anda Jual di lokasi fisik Anda tidak sesuai untuk penjualan online karena harga kompetitif atau pengiriman logistik.

Dalam kasus lain, toko online Anda mungkin menawarkan lebih banyak produk atau layanan daripada lokasi batu bata dan mortir. Misalnya, toko buku offline Anda mungkin tidak menawarkan kiriman atau pembungkus kado. Jika toko buku online Anda tidak menawarkan layanan ini, Anda akan kehilangan banyak bisnis ke kompetisi online Anda. Bila penawaran produk suatu situs mencakup item yang sesuai untuk pemberian hadiah, penting juga untuk menawarkan pembungkus, kartu yang disesuaikan, pengiriman ke beberapa alamat, dan pilihan pengiriman. Konsumen adalah "raja" dan sangat menuntut. Anda harus memenuhi dan mengalahkan harapan konsumen Anda secara online untuk mendapatkan pangsa pasar. Orang yang berbelanja untuk hadiah online mencari kenyamanan, dan situs yang memberikan kenyamanan terbesar dan produk terbesar dengan harga terendah akan menjadi pemenangnya.

Anda akan ingin melihat bagaimana mendapatkan "pangsa pasar yang lebih besar" dengan setiap penjualan online. Apakah ada peluang bagi Anda untuk menjual? Apakah ada kesempatan untuk menunjukkan kepada pembeli hal-hal seperti "Pelanggan yang membeli produk ini juga membeli. "Untuk mendorong penjualan tambahan. Begitu pelanggan menambahkan produk ke keranjang belanja mereka dan klik "Lanjutkan Belanja", halaman arahan apa yang Anda kirimkan?

Setelah Anda mendefinisikan secara jelas tujuan online, target pasar, dan produk atau layanan yang ingin Anda promosikan secara online, Anda siap untuk beralih ke fase berikutnya untuk merencanakan situs Web Anda dalam melakukan analisis persaingan Anda.

Menggunakan Situs Pesaing untuk Keuntungan Anda

Anda harus menyadari bahwa persaingan online Anda berbeda dengan pesaing offline Anda. Online, Anda bersaing dengan semua organisasi yang memiliki kehadiran online dan menjual jenis produk dan layanan yang sama dengan Anda. Saat melakukan analisis kompetitif secara online, Anda ingin memilih "jenis terbaik" - situs web fantastis dari organisasi yang menjual produk dan layanan yang sama dengan Anda - tidak peduli di mana mereka berada secara fisik.

Salah satu tujuan situs Web Anda adalah selalu bertemu dan mengalahkan persaingan dalam hal peringkat mesin pencari dan konten situs Web. Untuk melakukannya, Anda harus mengerti dengan tepat apa yang sedang dilakukan pesaing Anda. Luangkan waktu untuk meneliti pesaing dan membandingkannya dengan elemen demi elemen.

Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi pesaing Anda secara online. Anda dapat menemukannya dengan melakukan pencarian dengan kata kunci yang sesuai, melihat peringkat situs Web yang bersaing di mesin pencari dan direktori utama. Demikian pula, ada banyak sumber online lainnya yang dapat Anda gunakan untuk meneliti pesaing Anda, termasuk portal dan direktori Web khusus industri.

Setelah Anda mengumpulkan daftar situs Web yang bersaing, analisis elemen demi elemen untuk menentukan unsur Web mana yang termasuk pesaing Anda di situs mereka dan bagaimana situs mereka saling membandingkan satu sama lain. Anda ingin melihat jenis konten yang mereka berikan ke target pasar Anda. Komponen lain yang harus Anda analisis meliputi daya tarik visual dari situs pesaing Anda, konten, kemudahan navigasi, keramahan mesin pencari, interaktivitas, dan kekakuan situs Web, atau apa yang mereka lakukan untuk membuat orang kembali ke situs mereka. Anda juga ingin melihat keseluruhan kehadiran online kompetisi: Apakah mereka memiliki halaman Facebook? Akun Twitter Saluran Youtube? Blog? Bagaimana mereka menumbuhkan penggemar, pengikut, dan teman mereka di akun media sosial mereka? Informasi ini dapat memberi Anda rincian tentang apa yang perlu Anda masukkan ke dalam situs Anda dan akun media sosial Anda untuk memenuhi dan mengalahkan persaingan.

Ketika kita melakukan analisis kompetitif untuk klien, kita merekayasa balik (atau membedikan) situs Web yang bersaing dari sejumlah perspektif yang berbeda. Umumnya, Anda akan memilih lima atau enam situs Web terbaik yang bersaing. Kemudian Anda mulai membuat database menggunakan Excel atau tabel di Word.

pesaing

Mulailah dengan situs Web pertama yang bersaing, dan dari ulasan Anda, mulailah menambahkan elemen database . Perhatikan semua jenis konten, target pasar yang didefinisikan, teknik lalu lintas berulang yang digunakan, teknik pemasaran viral yang digunakan, fitur ramah mesin pencari yang digunakan, waktu download untuk berbagai jenis koneksi internet, kompatibilitas cross-platform, kompatibilitas cross-browser, dan elemen inovatif. Bila Anda telah membedah situs Web pertama yang bersaing dan telah mencatat elemen database yang sesuai untuk tujuan komparatif, beralihlah ke situs Web pesaing kedua. Melalui proses yang sama, tambahkan elemen-elemen yang baru atau berbeda dari apa yang sudah Anda miliki di database Anda. Lanjutkan membangun kolom pertama database Anda dengan melanjutkan semua situs yang ingin Anda sertakan dalam analisis persaingan Anda.

Langkah selanjutnya adalah mengembangkan untuk masing-masing situs yang ingin Anda sertakan dalam analisis kompetitif. Kemudian tambahkan dua kolom lagi-satu untuk situs Web Anda yang ada, untuk melihat bagaimana tumpukan situs Anda terhadap persaingan, dan yang kedua untuk tujuan perencanaan di masa depan.

Langkah selanjutnya adalah kembali dan bandingkan setiap situs dengan kriteria kolom 1, perhatikan komentar yang sesuai. Untuk informasi konten, Anda ingin mencatat apakah situs tertentu memiliki konten spesifik yang sama, dan seberapa baik konten itu disajikan. Untuk kecepatan download, perhatikan menit dan detik khusus untuk setiap jenis koneksi. Untuk setiap generator lalu lintas berulang, Anda dapat memilih untuk menyertakan rincian, atau hanya ya / tidak. Lanjutkan dengan proses ini sampai Anda menyelesaikan database, termasuk situs Anda yang ada.

Pada saat ini, Anda harus merasakan pengalaman pengguna saat mengunjungi situs pesaing Anda. Sekarang Anda siap untuk melihat bagaimana tumpukan situs Anda melawan persaingan. Kolom berikutnya harus memiliki situs Web Anda. Bandingkan situs Anda dengan semua kriteria di kolom 1. Sekarang Anda bisa melihat dalam warna hitam dan putih bagaimana perbandingan situs Anda dengan pesaing Anda.

Sekarang Anda siap melakukan perencanaan Anda. Pada kolom terakhir dari database Anda, tinjau masing-masing elemen di kolom pertama, tinjau catatan Anda dalam analisis persaingan Anda, dan bila perlu, lengkapi kolom terakhir dengan mengkategorikan masing-masing elemen sebagai berikut:

  1. Perlu punya; Penting, elemen penting; Tidak bisa hidup tanpa
  2. Bagus untuk memiliki jika tidak biaya terlalu banyak
  3. Tidak perlu; Tidak mau dengan harga apapun

Ingat bahwa pengguna biasanya mengunjungi setidaknya tiga situs Web sebelum mereka membuat keputusan pembelian mereka. Ketika mereka telah mengunjungi sejumlah situs yang memiliki elemen tertentu tergabung, seperti tur virtual, elemen itu menjadi norma atau harapan. Jika situs Anda tidak memiliki tur virtual itu (atau apa pun elemen tertentu itu), mereka mungkin merasa seolah-olah Anda tidak sesuai dengan standar industri, bahwa Anda tidak memenuhi harapan mereka. Bar terus dinaikkan. Begitu seseorang melihat sesuatu di tiga atau empat situs pesaing Anda, itu menjadi sebuah harapan. Internet telah membantu menciptakan konsumen yang sangat menuntut dengan harapan yang sangat tinggi.

Setelah menyelesaikan identifikasi tujuan, target pasar, produk dan layanan Anda, dan sekarang analisis kompetitif Anda, Anda siap untuk mengembangkan storyboard, rencana, atau cetak biru untuk situs Anda.

Storyboarding Situs Web Anda

Sebelum memulai konstruksi di situs Anda, ada banyak langkah yang harus diambil. Pertama Anda harus memiliki storyboard, atau cetak biru dari situs Anda, dikembangkan. Dalam pengembangan Web, sebagian besar waktu harus digunakan dalam tahap perencanaan - mengintegrasikan tujuan Anda, informasi pasar sasaran Anda, temuan analisis kompetitif, dan gagasan Anda sendiri, dan gagasan orang lain. Hal ini dilakukan melalui proses storyboard.

Storyboard adalah dasar dari situs Anda. Anggap saja rencana atau cetak biru dari situs Anda. Ini seharusnya menunjukkan kepada Anda, di atas kertas, draf pertama konten dan tata letak situs Anda. Ini memberi Anda kesempatan untuk meninjau tata letak dan membuat perubahan sebelum pengembangan dimulai.

Storyboard dapat dibuat dengan program perangkat lunak seperti Microsoft Visio, dengan lembaran kertas, atau dengan mekanisme lainnya. (Lihat Gambar1.1 untuk contoh papan cerita yang kami kembangkan untuk salah satu klien hotel kami.) Seringkali ketika kami mulai membuat storyboard sebuah proyek untuk klien, kami akan mulai dengan Catatan tempel kuning di dinding Teknologinya sangat rendah, tapi berhasil! Sangat mudah untuk mendapatkan visual dari struktur navigasi dan mudah untuk mengisi halaman konten (satu per catatan lengket) di tempat yang sesuai. Ini juga sangat mudah untuk diedit - cukup gerakkan lengket dari satu bagian ke bagian lainnya, atau tambahkan catatan lengket lain untuk halaman baru.

Penutup dan kesimpulan

Dari panjangnya artikel diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa membuat situs website yang sukses dibutuhkan perencanaan yang matang, dari semua aspek seperti penentuan penyedia layanan domain & hosting, element, cms, software, sumber daya, waktu dan konsistensi. Jika menerapkan langkah awal dari tahapan diatas semoga bisa menjadikan sebuah situs yang sukses dimata pengguna yang kita harapkan.